html

TENTANG HACKER

TENTANG HACKER


Peretas / hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.


Definisi hacker umumnya terkait dengan:
  1. Kemampuan teknis
  2. Kesukaan untuk menyelesaikan masalah,
  3. Rasa ingin tahu
  4. Melampaui batasan-batasan yang ada,baik dalam diri maupun dari lingkungan.
Dalam kamus yang lebih banyak dimengerti orang awam,karena ditegaskan penggunaannya oleh media massa,hacker diartikan sebagai penjahat yang menggunakan computer (cybercrime).

Asal-usul kata hacker mungkin tak ada kaitannya dengan kejahatan,tetapi fakta di masyarakat istilah hacker telah begitu terkait dengan kejahatan,sehingga orang lebih mudah menyebut hacker adalah seorang penjahat yang menggunakan kemampuan computer daripada istilah lain.

Dalam komunitas hacker yang bukan penjahat,istilah penjahat computer disosialisasikan dengan sebutan Cracker.Menurut mereka perbedaannya sederhana,hacker membuat sesuatu,sedangkan cracker menghancurkan atau merusaknya.

Etika Peretas 

  • Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi. 
  • Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan/lubang di keamanan yang anda lihat. 
  • Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack. 
  • Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan. 
  • Tidak pernah mengambil risiko yang bodoh 
  • Selalu mengetahui kemampuan sendiri. 
  • Selalu bersedia untuk secara terbuka/bebas/gratis memberitahukan & mengajarkan berbagai informasi & metode yang diperoleh. 
  • Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang. 
  • Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan. 
  • Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yang diretas. 
  • Hormati mesin yang diretas, dan perlakukan dia seperti mesin sendiri. 

MANIFESTO HACKER

Ada semacam romantisme kenakalan remaja pada budaya hacker.Napas-napas pemberontakan yang memikat,sama memikatnya seperti Jim Morisson,Che Guevara,Soe Hok Gie,Chairil Anwar,Iwan Fals,atau Eminem.Romantisme tersebut berasal dari idealisme kebebasan dan rasa ingin tahu.Seperti tercermin dalam dokumen ‘The Conscience of a Hacker’ (Hati Nurani Seorang Hacker)yang dituliskan seorang bernama The Mentor.Berikut cuplikan dokumen yang kerap disebut ‘Manifesto Hacker’itu:

"Inilah dunia kami…dunia electron dan switch,beauty of the baud.Kalian menyebut kami penjahat..karena kami menggunakan layanan yang sudah ada tanpa membayar,padahal layanan itu seharusnya sangat murah jika tidak dikuasai olej orang-orang rakus.Kami kalian sebut penjahat..karena kami gemar menjelajah.Kami kalian sebut penjahat…

karena kami mengejar ilmu pengetahuan.kami ada tanpa mengejar ilmu pegetahuan.Kami ada tanpa warna kulit,tanpa kebangsaan,tanpa bias agama..tapi bagi kalian kami penjahat.Kami adalah penjahat...sedangkan kalianlah yang membuat bom nuklir,mengobarkan peperangan,membunuh,berbuat curang,berbohong,dan berusaha membuat kami percaya bahwa itu semua demi kebaikan kami.

Ya, aku adalah penjahat. Kejahatanku adalah keingintahuanku. Kejahatanku adalah menilai orang berdasarkan perkataan dan pikiran mereka,dan bukan berdasarkan penampilan mereka,dan bukan berdasarkan penampilan mereka. Kejahatannku adalah menjadi lebih pintar dari kalian,sebuah dosa yang tak akan bisa kalian ampuni

Aku adalah hacker,dan inilah menifestoku.Kau bisa menghentikan satu,tapi kau tak bisa menghentikan semuanya…bagaimanapun juga,kami semua sama. "(The Mentor,1986)
TENTANG HACKER TENTANG HACKER Reviewed by echocorps on 04.02 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.