html

MENGENALI PORT GRAPHIC ATAU VIDEO VGA, HDMI, DVI


MENGENALI PORT GRAPHIC ATAU VIDEO VGA, HDMI, DVI

Mengenal Port untuk Video atau Graphic ke Monitor. Ada 3 jenis port untuk sambungan ke monitor atau perangkat tambahan untuk video. Diantatanya 

VGA ( Video Graphic Array ) 


VGA Adalah tiga baris 15-pin DE-15 konektor. Konektor VGA 15-pin disediakan pada banyak kartu video, monitor komputer, komputer laptop, proyektor, dan set televisi definisi tinggi . Pada komputer laptop atau perangkat kecil lainnya, port mini-VGA terkadang digunakan sebagai pengganti konektor VGA berukuran penuh. 

Banyak perangkat masih termasuk konektor VGA, meskipun VGA umumnya hidup berdampingan dengan DVI serta konektor antarmuka HDMI dan DisplayPort yang lebih baru dan lebih ringkas . 

Kabel VGA yang sama dapat digunakan dengan berbagai resolusi VGA yang didukung, mulai dari 320 × 400px @ 70 Hz / 320x480px @ 60 Hz (12,6 MHz dari bandwidth sinyal ) hingga 1280 × 1024px ( SXGA ) @ 85 Hz (160 MHz) dan hingga 2048 × 1536px ( QXGA ) @ 85 Hz (388 MHz). 

Tidak ada standar yang mendefinisikan kualitas yang diperlukan untuk setiap resolusi tetapi kabel berkualitas tinggi biasanya mengandung kabel koaksial dan insulasi yang membuatnya lebih tebal. Kabel VGA yang lebih pendek cenderung tidak menyebabkan degradasi sinyal yang signifikan. 

Kabel berkualitas baik tidak boleh menderita sinyal crosstalk, di mana sinyal dalam satu kawat menginduksi arus yang tidak diinginkan dalam kabel yang berdekatan, atau ghosting. Ghosting terjadi ketika ketidaksesuaian impedansi menyebabkan sinyal direfleksikan. 

Namun, ghosting dengan kabel panjang dapat disebabkan oleh peralatan dengan terminasi sinyal yang salah atau dengan splitter kabel pasif daripada kabel itu sendiri. 



HDMI (High-Definition Multimedia Interface) 


HDMI adalah antarmuka audio / video eksklusif untuk mentransmisikan data video yang tidak dikompresi dan data audio digital terkompresi atau tidak terkompresi dari perangkat sumber yang kompatibel dengan HDMI, seperti pengontrol tampilan , ke monitor komputer yang kompatibel , proyektor video , televisi digital , atau perangkat audio digital . 

HDMI adalah pengganti digital untuk standar video analog 

HDMI mengimplementasikan standar EIA / CEA-861 , yang mendefinisikan format video dan bentuk gelombang, mengangkut audio LPCM terkompresi dan tidak terkompresi , data tambahan, dan implementasi dari VESA EDID . 

Sinyal CEA-861 yang dibawa oleh HDMI secara elektrik kompatibel dengan sinyal CEA-861 yang digunakan oleh antarmuka visual digital (DVI). Tidak ada konversi sinyal yang diperlukan, juga tidak ada kehilangan kualitas video ketika adaptor DVI-ke-HDMI digunakan. 

The CEC(Kontrol Elektronik Konsumen) memungkinkan perangkat HDMI untuk mengontrol satu sama lain bila diperlukan dan memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan beberapa perangkat dengan satu perangkat kendali jarak jauh genggam . 

Beberapa versi HDMI telah dikembangkan dan disebarkan sejak rilis awal teknologi, tetapi semua menggunakan kabel dan konektor yang sama. Selain peningkatan kapasitas audio dan video, kinerja, resolusi dan ruang warna, versi yang lebih baru memiliki fitur lanjutan opsional seperti 3D , koneksi data Ethernet , dan ekstensi CEC (Consumer Electronics Control). 

Produksi produk HDMI konsumen dimulai pada akhir tahun 2003. Di Eropa baik DVI-HDCP atau HDMI termasuk dalam spesifikasi pelabelan siap pakai di toko HD untuk perangkat TV untuk HDTV, yang diformulasikan oleh EICTA dengan SES Astra pada tahun 2005. 

HDMI mulai muncul pada konsumen HDTV pada tahun 2004 dan camcorder dan kamera masih digital pada tahun 2006. Sebagai 6 Januari 2015 (dua belas tahun setelah rilis spesifikasi HDMI pertama), lebih dari 4 miliar perangkat HDMI telah terjual. 


DVI (Digital Visual Interface) 


DVI adalah tampilan video yang dikembangkan oleh Digital Display Working Group (DDWG). The digital antarmuka digunakan untuk menghubungkan sumber video, seperti tampilan video kontroler , ke perangkat display , seperti monitor komputer . Ini dikembangkan dengan tujuan menciptakan standar industri untuk transfer konten video digital. 

Antarmuka dirancang untuk mengirim video digital yang tidak dikompresi dan dapat dikonfigurasi untuk mendukung beberapa mode seperti DVI-A (hanya analog), DVI-D (hanya digital) atau DVI-I (digital dan analog). Menampilkan dukungan untuk koneksi analog, spesifikasi DVI kompatibel dengan antarmuka VGA . 

Kompatibilitas ini, bersama dengan keunggulan lainnya, mengarah pada penerimaannya yang luas atas standar tampilan digital yang saling bersaing Plug and Display (P & D) dan Digital Flat Panel (DFP). Meskipun DVI sebagian besar terkait dengan komputer, kadang-kadang digunakan dalam perangkat elektronik lainnya seperti perangkat televisi dan pemutar DVD . 

Panjang maksimum yang disarankan untuk kabel DVI tidak termasuk dalam spesifikasi, karena tergantung pada frekuensi clock piksel. Secara umum, panjang kabel hingga 4,5 meter (15 kaki) akan bekerja untuk resolusi layar hingga 1920 × 1200. 

Kabel yang lebih panjang hingga 15 meter (49 kaki) dapat digunakan dengan resolusi layar 1280 × 1024 atau lebih rendah. Untuk jarak yang lebih jauh, penggunaan booster DVI — repeater sinyal yang mungkin menggunakan catu daya eksternal — direkomendasikan untuk membantu mengurangi degradasi sinyal. 

Konektor DVI pada perangkat diberikan salah satu dari tiga nama, tergantung pada sinyal yang diimplementasikannya: 

  • DVI-I (terintegrasi, menggabungkan digital dan analog dalam konektor yang sama; digital dapat berupa tautan tunggal atau ganda) 
  • DVI-D (Digital,Singel Link atau Dual Link) 
  • DVI-A (hanya analog)

Kebanyakan tipe konektor DVI - kecuali DVI-A - berisi pin yang melewati sinyal video digital. Ini datang dalam dua varietas: tautan tunggal dan tautan ganda. 

Single link DVI menggunakan pemancar 165 MHz tunggal yang mendukung resolusi hingga 1920 × 1200 pada 60 Hz. Dual link DVI menambahkan enam pin tambahan (terletak di pusat konektor) untuk pemancar kedua meningkatkan bandwidth dan mendukung resolusi hingga 2560 × 1600 pada 60 Hz. 

Konektor dengan pin tambahan ini kadang-kadang disebut sebagai DVI-DL (Dual Link). Tautan ganda tidak boleh disamakan dengan tampilan ganda (juga dikenal sebagai kepala ganda ), yang merupakan konfigurasi yang terdiri dari satu komputer yang terhubung ke dua monitor, terkadang menggunakan DMS-59 konektor untuk dua koneksi DVI Singel Link 

Selain digital, beberapa konektor DVI juga memiliki pin yang melewati sinyal analog, yang dapat digunakan untuk menghubungkan monitor analog. Pin analog adalah empat yang mengelilingi pisau datar pada konektor DVI-I atau DVI-A. 

Sebuah VGA Monitor, misalnya, dapat terhubung ke sumber video dengan DVI-I melalui penggunaan adaptor pasif. Karena pin analog secara langsung kompatibel dengan pensinyalan VGA, adaptor pasif sederhana dan murah untuk diproduksi, menyediakan solusi hemat biaya untuk mendukung VGA pada DVI. 



Pin datar panjang pada konektor DVI-I lebih lebar dari pin yang sama pada konektor DVI-D, jadi bahkan jika keempat pin analog dihilangkan secara manual, masih tidak mungkin menghubungkan DVI-I Male ke DVI-D Female. Namun, dimungkinkan untuk bergabung dengan konektor DVI-D Male dengan konektor DVI-I Female 

DVI adalah satu-satunya standar video yang luas yang mencakup opsi transmisi analog dan digital di konektor yang sama. 

Standar bersaing secara eksklusif digital: ini termasuk sistem yang menggunakan pensinyalan diferensial bertegangan rendah ( LVDS ), yang dikenal dengan nama kepemilikannya FPD-Link (layar panel datar) dan FLATLINK; dan penerusnya, LVDS Display Interface (LDI) dan OpenLDI . 

Beberapa pemutar DVD , perangkat HDTV , dan proyektor video memiliki konektor DVI yang mengirimkan sinyal terenkripsi untuk perlindungan salinan menggunakan protokol Perlindungan Konten Digital bandwidth tinggi (HDCP). 

Komputer dapat dihubungkan ke set HDTV melalui DVI, tetapi kartu grafis harus mendukung HDCP untuk memutar konten yang dilindungi oleh manajemen hak digital (DRM).

Baca juga :
Perlu Diketahui Perbedaan Antara KVM Extender dan KVM Over IPMEMBUAT MONITORING LEBIH MUDAH MENGGUNAKAN KVM USB HDMIMembuat Command Center Monitor Sistem Keamanan CCTV Menggunakan KVM Over IP
 KVM USB HDMI

MENGENALI PORT GRAPHIC ATAU VIDEO VGA, HDMI, DVI MENGENALI PORT GRAPHIC ATAU VIDEO VGA, HDMI, DVI Reviewed by echocorps on 01.24 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.